Kanker adalah kelas penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Kanker paru-paru terjadi ketika pertumbuhan sel yang tidak terkendali ini dimulai pada satu atau kedua paru-paru. Paru-paru adalah dua organ besar yang terletak di dalam rongga dada. Udara dihembuskan ke trakea dan bergerak ke bawah dua tabung yang disebut bronkus, masing-masing menuju ke paru-paru. Kanker paru-paru paling sering terjadi pada orang dewasa antara usia 40 dan 70 yang telah merokok selama setidaknya 20 tahun.

Lebih dari 1.400 orang Victoria didiagnosis setiap tahun. Hanya sekitar 2% dari mereka yang didiagnosis dengan kanker paru-paru yang telah menyebar ke area lain dari tubuh masih hidup lima tahun setelah diagnosis, meskipun tingkat kelangsungan hidup yang didiagnosis pada tahap sangat awal lebih tinggi dengan sekitar 49% bertahan selama lima tahun atau lebih lama .

Ada berbagai jenis kanker paru-paru, tergantung pada sel mana yang terpengaruh. Dua jenis utama adalah:

1. Karsinom sel kecil
Sekitar 15 persen adalah karsinoma sel kecil. Jenis kanker ini menyebar awal dan menunjukkan beberapa gejala awal.

2. Karsinoma sel non-kecil
Kanker ini mempengaruhi sel-sel yang melapisi bronkus utama.

Beberapa tumor paru-paru adalah metastasis dari kanker di tempat lain di tubuh. Paru-paru adalah situs umum untuk metastasis. Karena kanker paru-paru cenderung menyebar atau bermetastasis sangat awal dalam perjalanannya, itu adalah kanker yang sangat mengancam jiwa dan salah satu kanker yang paling sulit untuk diobati. Sementara kanker paru-paru bisa menyebar ke organ mana saja di tubuh.

Gejalanya bervariasi tergantung pada di mana dan seberapa luas tumor itu. Tanda-tanda peringatan kanker paru-paru tidak selalu ada atau mudah diidentifikasi. Gejala kanker paru-paru mungkin memakan waktu bertahun-tahun sebelum muncul, biasanya setelah penyakit ini dalam stadium lanjut.

Berikut adalah gejala-gejala kanker paru-paru berikut ini:

1. Nyeri pada bahu dada atau punggung akibat batuk

2. Batuk yang tidak kunjung sembuh atau memburuk seiring waktu

3. Terengah-engah dan menelan

4. Infeksi pneumonia atau dada berulang

5. Mengi atau suara serak dapat menandakan penyumbatan

6. Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan

Kanker paru-paru dikategorikan menjadi beberapa tahapan sesuai dengan penyebarannya. Ini membantu para dokter untuk memutuskan perawatan yang tepat. Perawatan juga tergantung pada jenis kanker, usia, status kesehatan dan karakteristik pribadi tambahan. Karena biasanya tidak ada pengobatan tunggal untuk kanker, pasien sering menerima kombinasi terapi dan perawatan paliatif. Lebih dari satu jenis terapi dapat diresepkan.

Meskipun teknik diagnostik memberikan informasi penting, mengekstraksi sel kanker dan melihatnya di bawah mikroskop adalah satu-satunya cara mutlak untuk mendiagnosis kanker paru-paru. Prosedur ini disebut biopsi. Jika biopsi mengkonfirmasi kanker paru-paru, ahli patologi akan menentukan apakah itu sel non-kecil atau kecil.

Kanker paru-paru sel kecil memiliki dua tahap yaitu:

1. Pada tahap terbatas, tumor ada di satu paru-paru dan di kelenjar getah bening di dekatnya.

2. Pada stadium luas, tumor telah menginfeksi paru-paru lain serta organ-organ lain dalam tubuh.

Untuk kanker paru-paru non-sel kecil, tahapan ini diberi label dari I ke IV. Angka yang lebih rendah menunjukkan tahap sebelumnya di mana kanker telah menyebar lebih sedikit:

1. Stadium I adalah ketika tumor hanya ditemukan di satu paru-paru dan tidak ada kelenjar getah bening.

2. Stadium II adalah ketika kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di sekitar paru yang terinfeksi.

3. Stadium III adalah ketika kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di sekitar trakea, dinding dada dan diafragma di sisi yang sama dengan paru-paru yang terinfeksi.

4. Stadium IV adalah ketika kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di paru-paru lain atau di leher.

5. Stadium IV adalah ketika kanker telah menyebar ke seluruh tubuh dan bagian paru-paru lainnya.

Seperti kebanyakan kanker, hasilnya terbaik jika kanker didiagnosis pada tahap paling awal. Namun, beberapa kanker paru-paru tidak terdiagnosis sampai mereka cukup lanjut. Perawatan kemudian dapat dibatasi untuk meredakan gejala. Keputusan perawatan tergantung pada apakah SCLC atau NSCLC. Opsi perawatan termasuk:

1. Kemoterapi adalah obat anti kanker yang diberikan untuk menghentikan sel kanker agar tidak bertambah banyak. Perawatan ini paling efektif untuk karsinoma sel kecil.

2. Pembedahan untuk mengangkat bagian paru yang terkena atau seluruh paru-paru. Ini menawarkan peluang terbaik untuk penyembuhan jika kanker belum menyebar ke luar paru-paru.

3. Radioterapi menggunakan sinar-X untuk menargetkan dan membunuh sel kanker. Ini dapat digunakan melawan beberapa kanker paru-paru stadium awal dan untuk menghentikan kanker di kelenjar getah bening agar tidak menyebar lebih jauh.

4. Terapi bertarget adalah penggunaan molekul kecil, seringkali dalam bentuk tablet yang dapat digunakan setelah kemoterapi.

5. Uji klinis adalah partisipasi dalam uji klinis yang menyelidiki keamanan dan efektivitas obat baru yang ditawarkan.